Wednesday, September 25, 2013

Belum Berakhir

Saat aku membakar semua tulisanku, rasanya seperti membakar semua harapanku
"Tulisanmu berantakan dan tak berisi!", satu lembar terbakar
"Tulisan adikku yang SD masih lebih baik daripada punyamu" sepuluh lembar terbakar
"Semua orang bosan membaca tulisanmu" seratus lembar terbakar
"Percuma saja kau menulis, cari kerjaan yang lain" Seribu lembar terbakar

hanya tersisa selembar kertas lusuh yang hanya tertulis kata "ranting". Aku teringat semasa SMP, waktu itu ada acara tentang kepenulisan di sekolahku, setiap kelas dikirim satu orang perwakilan, aku begitu senang mengetahuinya dan ternyata hanya aku yang berminat di kelasku. Kemudian di acara tersebut kami di suruh membuat 3 judul cerita menggunakan bahasa Indonesia, singkat dan tentang apa saja. Setelah kami menulis 3 judul, mereka menyuruh kami mengambil 1 judul terbaik dari 3 tersebut. Kemudian aku memilih judul ketiga ku, "Ranting" dan menulis ulang di kertas baru. Setelah itu semua kertas dikumpulkan di depan meja pembawa acara dan di lihat oleh orang-orang yang ada di depan ruangan itu.

Mereka mengambil satu kertas dan berkata, "Dari semua judul, yang paling bagus menurut kami adalah yang berjudul 'Ranting', siapa yang punya?". Aku mengangkat tanganku dengan malu-malu, semua orang di ruangan itu terpesona. Setelah itu aku berharap mendapatkan ilmu tentang cara menulis, ternyata aku salah, hari itu mereka hanya membahas tentang judul dan keistimewaannya.

Lalu aku berniat akan membuat judul cerita yang bagus beserta isinya. Tetapi aku salah, aku hanya terbawa angin segar dari masa itu hingga aku melupakan realita, "Aku tidak dapat menulis dengan baik".

"Lagi ngapain nak?"
"Lagi nulis"
"NULIS CERPEN LAGI?!"
Aku terdiam sejenak dan setelah itu membalas, "Engga, nulis tugas..." dalam hati aku melanjutkannya, "...tugas belajar nulis novel". Aku merasa menjadi anak yang berdosa. Kini aku sadar, orang tuaku selalu benar dan aku yang selalu salah. Kertas "Ranting" kini hanya tinggal abu, menjadi satu bersama tulisan yang lainnya, juga terdapat harapanku di antaranya.

*Belum berakhir~!

No comments: