Wednesday, July 10, 2013

Kejayaan Mushola

Pagi ini aku sahur bersama penghuni kosan yang beragama islam di rumah padang belakang kosanku. Setelah menyantap sahur, kami pun langsung kembali ke kosan. Sesampainya di kosan, aku mengambil sarung dan bergegas menuju mushola yang letaknya hanya di pisahkan oleh sebuah rumah di sebelah kosanku.

Setibanya aku di sana, masih sepi, hanya ada pak Wagiman, pak RT dan pak Rusli. Mereka yang tengah duduk itu melihat serempak kearahku dan memberikan senyumannya padaku, kemudian pak RT bertanya, "Kemarin kok ga ikut sholat nak?"

Aku menjawab bahwa kemarin aku berada di luar kota, sehingga tidak dapat ikut shalat subuh berjamaat. Aku langsung mengambil wudhu dan setelah itu ikut duduk di dekat mereka. Pak Wagiman yang tubuhnya sudah sangat keriput itu berdiri dan mengumandangkan adzan dengan sangat merdu, walaupun umurnya sudah menginjak kepala 7. Aku mengamini setiap seruannya, aku merasa sangat tenang dan damai. Hingga samar terdengar suara anak-anak mendekati mushola.

Ah, benar saja, ini adalah puasa pertama dan tentu saja hari ini akan sangat ramai di mushola. Pak RT melihat kekagetanku dan ia memberikan kode padaku untuk berpindah ke saf yang paling depan. Aku yang sedang duduk di saf ketiga langsung bergegas pindah ke saf paling depan dan melakukan shalat sunnah.

Setelah shalat sunnah, aku baru menyadari bahwa mushola ini sudah di penuhi oleh hamba-hamba Allah. Tak lama setelah aku shalat sunnah, pak Wagiman pun mengumandangkan iqamat. Kami semua berdiri dan pak RT menjadi imam.

Di hari biasa setiap shalat subuh mushola ini hanya ada aku, pak Wagiman, pak RT dan pak Rusli. Sesekali juga ada beberapa warga lain yang ikut tetapi, tetap satu saf pun tak penuh. Kini di bulan suci Ramadhan, semua saf penuh, sungguh berkah untuk umat Islam di bulan suci ini.

Dalam doa pun aku tak lupa memohon pada Allah SWT agar mushola ini tak pernah sepi sama sekali, walau hanya ada dua orang pun tak masalah. Dan berharap tidak hanya pada saat bulan suci Ramadhan saja yang selalu ramai, tapi setiap hari semua saf terpenuhi. Karena kita melaksanakan shalat untuk mencari ridho dari Allah SWT.

No comments: